Home » » PASAR MODAL DAN PENJELASANNYA

PASAR MODAL DAN PENJELASANNYA

Written By Aldian Syaputra on Rabu, 25 Januari 2017 | 11.00

BAB 9
PASAR MODAL

A.Pengertian
1.pengertian pasar modal
            Adlah tempat bertemunya permintaan dan penawaran surat surat berharga atau pasar yang memperjualbelikan surat-surat berharga jangka panjang seperti (saham dan obligasi).UU Pasar Modal No.8 tahun 1995 menyebutkan pasar modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek.
            Pasar modal menjadi sarana bagi perusahaan untuk mewlakukan go public dan sarana bagi investor untuk melakukan investasinya.Go puclic adalah menjual sebagian sahamnnya ke public/masyarakat luas.

B.lembaga penunjang pasar modal
1.      Kustodia yaitu pihak yang memberikan jasa penitipan efek dan harta lain yang berkaitan dengan efek serta jasa lain.
2.      Biro administrasi efek yaitu pihak yang berdasarkan kontrak dengan emitmen melaksanakan pencatatan pemilik efek dan pembagian hak yang berkaitan dengan efek
3.      Wali Amanat yaitu pihak yang mewakili kepentingan pemegang efek yang bersifat utang
4.      Pemeringkat efek yaitu pihak yang bertugas memberikan peringkat teerhadap efek utang baik jangka panjang maupung jangka pendek.
C.Instrument/produk-produk Pasar Modal
1.Saham
a.pengertian saham
            adalah sertifikat yang memnujukan bukti kepemilikan atau tanda penyertaan seseorang/badan atas suatu perusahaan tertentu.saham dapat di artikan juga dengantanda penyertaan modal seseorang ataqu pihak dalam suatu perusahaan.
b.Jenis Jenis Saham
·         Saham Biasa yaitu tanda penyertaan modal seseorang atau instansi dalam suatu perusahaan
·         Saham Preferen yaitu penyertaan modal atau kepemilikan usahan perusahaan pada tingakt terbatas.
Selain itu,ada beberapa saham jenis lainnya yang di perjual belikan di pasar bursa :
·         Growth stocks adalah saham yang meiliki pertumbuhan di atas rata-rata.meiliki kecenderungan rasio harga saham dengan pendapatannya cukup tinggi di banding dengan pasarnya.
·         Clyclical stock adalah saham yang pertumbuhan pendapatannya sama atau di bawah pertumbuhan sekonomi secara keseluruhan
·         Defensive stock adalah saham yang secara umum bertambah pendapatannya pada rata rata atau di bawah rata-rata.
·         Value stocks adalah saham yang mempunyai harga pasar saham lebih kecil dari nilai bukunya.artinya rasio harga saham terhadap pendapatan kecil di banding rasio pasar.
·         Aggressive stocks adalah saham yang memiliki risiko tinggi.artinya,saham akan mengalami kenaikan yang lebih tinggi di banding dari kenaikan pasar jika pasar naik.
2.Obligasi
a.pengertian
            adalah suatu kontrak tertulis jangka panjang yang dapat di pindah tangankan tentang transaksi pengakuan utang disertai ketetapan sejumlah bunga yang akan di bayar secara periodic.dapat di artikan juga sebagai sertifikat antara investor dan perusahaan yang menyatakan investor tersebut telalh meminjamkan sejumlah uang kepada perusahaan.
b.jenis-jenis obligasi
·         Collateral adalah obligasi yang jika perusahaan tidak dapat membayar sejumlah uang dengan nominal yang telah di tentukan maka perusahaan menyediakan asset yang telah di berikan oleh jaminan
·         Debenture adalah obligasi jaminan yang jaminananya berupa tingkat likuiditas perusahaan
·         Obligasi pendapatan adalah obligasi yang tidak di jamin oleh asset.
·         Obligasi hipotek obligasi yang dijamin dengan asset tertentu dan biasanya disebutkan secara jelas.
3.Rights
            Adalah memesan efek terlbih dahulu dengan harga yang ditetapkan selama periode tertentu.vbukti rights diterbitkan pada penawaran umum terbatas yaiut ketika sahib baru di tawarkan kali pertama pada pemegang saham lama.
4.Waran
            Dapat dia rtikan sebagai hak kepada pemegang waran unruk mengkonversikannya menjadi saham biasa dengan harga yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
5.Reksa Dana
Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya.keuntungan reksa dana berasal dari 3 sumber yaitu dividen,capital gain dan peningkatan nila aktiva bersih (NAB)

6.INdeks berjangka
            Merupakan salah satu bagian dari perdaganga nberjangka uang bertujuan sebagai sarana melindungin nilai terhadap investasinya.dalam future tranding seorang investor dapat melindungi nilai investasinya dengan memesan kontrak jual/beli terlebih dahulu terhadap suapu produk efek.
D.Mekanisme transaksi di pasar modal
1.Mekanisme transaksi di pasar perdana
            Disebut juga dengan initial public offering (IPO) yaitu pasar tempat perusahaan atau emitmen pertama kali memperdagangkan saham atatu surat berharga lainnya untuk masyarakat umum.perusahaan yang melakukan penjualan saham ke publikd iharuskan untuk membuat prospectus.penyusunan propektus harus mengacu kepada hal  hal :
·         Prospectus harus membuat semua rincian dan fakta material mengenai penawaran umum dari emitmen
·         Prodpektus ahruslah dibuat sedemiakn rupa sehingga jelas dan komunikatif
·         Fakta-fakta dan pertimbangan yang paling penting harus di buat ringkasannya dn diungkap pada bagian awal prospekus
·         Emitmen,menjamin pelaksanaan emisi lembaga penunjang serta profesi penunjang pasar modal bertanggung jawab untuk menentukan dna mengungkapkanfakta secara jeals dan mudah di baca.
Beberapa bagian penting dari prospectus yang patut mendapat perhatian dari cvalon investor :
·         Jumlah saham yang di tawarkan
·         Nilai nominal dna harga penawaran
·         Bidang usaha
·         Riwayat singkat perusahaan
·         Tujuan go public
·         Risiko usaha
·         Agen agen penjual

Dalam prospectus juga baisanya terdapat beberapa hal terkait jadwal penawaran umum,di antaranya :
·         Tanggal efektif adalah suatu tanggal yang menunjukan tanggal dikeluarkannya surat pernyataan efektif oleh bapepam
·         Masa penawaran adalah suatu periode dimana dilakukan penawaran umum atas efek yang akan ditawarkan kepada masyarakat.
·         Tanggal akhir penjatahan adalah suatu tanggal dimana hasil akhir dari proses penjatahan atas pesanan efek aka diumuman kepada masyarakat.
·         Tanggal pengembalian uang pesanan adalah suatu tanggal dimulainya pengembalian uang kepada pemesan yang terkena penjatahan atau yang peasnannya tidak terpnuhi seluruhnya.
·         Tanggal pencatatan adalah suatu tanggal idmana efek muali dicatatkan atau didaftarkan pada suatu bursa efek yang berarti mulai tanggal itu pula efek tersebut dapat diperdagangkan di pasar sekunder
2.mekanisme transaksi di pasar sekunder
      Adalah pasar yang meperdagangkan efek setelah IPO atau setelah pasar perdana,perdagangan hanya terjadi antar investor yang satu dengan investor lainnya.dipasar sekunder seorang investor beli harus menghubungi pialang/btoker beli (kantong pialang A)jika ingin melakukan permintaan investor beli terbut kepada pilang B (kantor pialang lain)instruksi beli tersebut dimasukan entry ke pialang ke system JATS (Jakarta Automated Tranding system ).
      Dalam hal mekainsme transaksi pasar sekunder dikenal adanya istilah remote tranding,yakni system perdagangan jarak jauh,dimana setiap order transaksi di kantor broker bursa efek tanpa perlu memasukan order dari lantai bursa.adapun manfaat dari remote tranding :
·         Proses transaksi menjadi lebih cepat
·         Monfirmasi menjadi lebih cepat
·         Order investor dari luar dapat langsung dieksekusi ke system perdagangan bursa.
E.investasi di Pasar Modal
1.      Dividen
Adalah pembagian keuntungan yang diberian perusahaan penerbit saham atas keuntungan yang dihasilkan perusahaan.
2.Capital Gain
Adalah selisih antara harga beli dengan harga jual.capital gain terbentuk dari adanya aktivitas perdagangan sahamdi pasar sekunder.selai terdapat beberapa keuntungan yang di perooleh dengan adalanya terlibat anda di pasar odal,ada juga beberapa resiko antara lain :

a.      Tidak mendapat individen
Jika perusahaan yang sahamnya anda beli mendapatkan kerugian,maka anda akanmendapatkan riisko yaitu tidak medapatkan individen.
b.      Capital loss
Dalam aktifitas perdagangan saham  tidak selalu permodal medapat capital gain.ada saatnya permodal harus menjual saham denganharga jual lebih rendah dari harga beli.
c.       Perusahaan bangkrut atau diikuidasi
Akan berdampak secara langsung kepada saham perusahaan.sesuai dengan peraturan pencatatan saham di bursa efek.jika suatu perusahaan bangkrut secara otomatis saham perusahaan akan di keluarkan dari bursa efek.
d.      Saham di delist dari bursa

Saham suatu perusahaan akan di delist(dikeluarkan dari pencatatan bursa efek) karena kinerja yang buruk.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Om Cuy - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger